10+ Kasus Korupsi di Indonesia Terbesar dan Paling Menghebohkan

Daftar kasus korupsi terbaru di Indonesia - Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kasus korupsi yang banyak. Ya, hampir tiap tahun media media selalu mengabarkan kasus korupsi di Indonesia yang seakan tidak ada hentinya. Beberapa contoh kasus korupsi yang sempat menghebohkan publik Indonesia misalnya kasus korupsi Bank Century, kasus korupsi BLBI hingga drama kasus korupsi E-KTP.

Pengertian korupsi sendiri merupakan tindakan menyalahgunakan kepercayaan dan jabatan untuk mengambil keuntungan secara sepihak, dalam hal ini tentu saja keuntungan berupa uang. Kasus korupsi tentu akan merugikan keuangan negara, bukan hanya jutaan tapi sudah mencapai miliaran atau bahkan trilliunan. 

Nama nama pejabat pemerintahan menjadi yang paling rentan melakukan tindakan haram ini. Semakin tinggi jabatan juga semakin besar godaan untuk melakukan korupsi. Indonesia pun dikategorikan sebagai salah satu negara terkorup di dunia. Mulai dari menteri, pejabat daerah hingga anggota DPR banyak yang menjadi tersangka korupsi.

Sejumlah kasus korupsi atau kasus suap di Indonesia menjadi tontonan menarik di media massa. Mulai dari penetapan awal, proses persidangan hingga vonis hakim, kesemuanya bisa menjadi berita dan headline yang menarik perhatian, baik di koran, TV atau berita di internet. 

Sejumlah nama nama koruptor pun secara tidak langsung menjadi terkenal, sebut saja seperti Gayus Tambunan, Anas Urbaningrum, Angelina Sondakh, Muhammad Nazaruddin hingga Setya Novanto. Mereka pun seakan menjadi selebritis yang selalu disorot selama masa persidangan.

Untuk mengatasi korupsi di Indonesia, dibentuklah lembaga independen khusus KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi. Tentunya tugas KPK diharapkan bisa menguak tiap dugaan suap dan korupsi yang terjadi di negeri ini. Meski begitu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan pemberantasan korupsi.

(baca juga contoh pelanggaran HAM di Indonesia)

10 Kasus Korupsi Terbesar di Indonesia


Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak kasus korupsi besar yang merugikan negara hingga miliaran sampai triliun rupiah. Berikut ini akan kami tampilkan list 10 kasus korupsi terbesar di Indonesia yang pernah terjadi dan paling menghebohkan.

Kasus Korupsi E-KTP



Kasus korupsi E-KTP merupakan kasus korupsi yang terkait pengadaan KTP elektronik Indonesia. Terjadi sejak tahun 2010, penyelidikan kasus korupsi ini terus berlangsung selama bertahun-tahun sampai sekarang.

Sejumlah pejabat tinggi pun terlibat seperti Andi Narogong, Anang Sugiana, Miryam S. Hariani, Markus Nari dan Setya Novanto. Setya Novanto bahkan sempat booming setelah drama penangkapannya disertai kecelakaan palsu saat mobilnya menabrak tiang listrik untuk menghindari penangkapan.

Kasus Bank Century



Kasus korupsi bank Century merupakan salah satu kasus korupsi yang menghebohkan di Indonesia dan termasuk cukup legendaris. Kasus ini terjadi sekitar tahun 2009 lalu dan diperkiran merugikan negara sebanyak trilliunan rupiah.

Terdapat banyak nama yang terlibat dan terseret dalam skandal bank Century ini, mulai dari Robert Tantular, Boediono, Miranda S Goeltom, Budi Mulya, Siti Fadjriah, Hartadi Agus Sarwono, Hermanus Hasan Muslim dan lain-lain. Belum ada kejelasan sampai sekarang dari KPK mengenai titik terang kasus sini.

Kasus Proyek Hambalang



Kasus Hambalang menjadi kasus korupsi yang sempat booming di Indonesia dan sempat menjadi berita besar di media massa. Kasus ini merupakan kasus suap untuk pembangunan proyek wisma atlet Hambalang yang digunakan untuk SEA Games.

Beberapa nama yang ditengarai terlibat dalam proyek audit Hambalang di antaranya yaitu Anas Urbaningrum, Muhammad Nazaruddin, Andi Mallarangeng, Angelina Sondakh, Deddy Kusdinar dan masih banyak lagi pejabat yang lainnya yang juga terlibat.

Kasus Penggelapan Pajak Gayus



Kasus pajak Gayus Tambunan sempat menjadi tren di Indonesia sepanjang tahun 2010. Ia pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka dengan hukuman 7 tahun penjara. Gayus kemudian menjadi figur yang populer sampai sampai ada lagu tentangnya berjudul 'Andai Aku Gayus Tambunan' karya Bona Paputungan. 

Lagu itu menceritakan kehidupan Gayus yang enak di penjara, dimana ia masih bisa jalan-jalan dengan menyuap aparat, salah satunya dimana ia masih bisa menonton pertandingan tenis di Bali meski masih menjalani masa hukuman.

Kasus Korupsi Pertamina


Kasus korupsi Pertamina ini diperkirakan menimbulkan kerugian mencapai 400 US dollar. Beberapa kasus yang melibatkan Pertamina di antaranya korupsi Exor I Pertamina Balongan serta kasus Pertamina dengan PT Ustaindo Petro Gas (UPG).

Korupsi lainnya di Pertamina adalah kasus proyek pipanisasi pengangkutan BBM di Jawa yang  diduga melibatkan nama Faisal Abda'oe, Bos Bimantara bernama Rosano Barack dan putri sulung Soeharto Siti Hardiyanti Rukmana.

Kasus Suap Gubernur Senior BI



Kasus korupsi ini terjadi dalam pemilihan gubernur senior Bank Indonesia (BI). Terjadi pada tahun 2011 lalu, kasus ini melibatkan nama pejabat senior dan eks Deputi Gubernur BI yakni Miranda Goeltom.

Diperkirakan kasus suap ini melibatkan uang sebesar 20 miliar rupiah. Kasus suap ini pun cukup heboh saat proses penyelidikan dan persidangan.

Kasus BLBI



Kasus BLBI (Bantuan Likuiditas Bank Indonesia) terjadi sekitar akhir 90an. BLBI sendiri merupakan bantuan yang diberikan Bank Indonesia pada bank bank yang terkena masalah likuiditas saat krisis moneter di Indonesia tahun 1998 lalu. 

Kasus korupsi ini melibatkan beberapa nama pejabat seperti Paul Sutopo Tjokronegoro, Hendro Budiyanto, Heru Supratomo dan lain-lain. Sampai sekarang tidak ada kejelasan mengenai siapa yang bertanggungjawab pada kasus korupsi BLBI ini.

Kasus Kondensat



Kasus korupsi dan pencucian uang dalam penjualan kondensat melibatkan PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) dan SKK Migas pada tahun 2009. Namun kasus ini baru terkuak pada tahun 2015.

BPK memperkirakan kerugian negara mencapai 35 triliun rupiah. Terdapat 2 tersangka yang sudah ditahan yakni mantan Kepala BP Migas Raden Priyono dan mantan Deputi Finansial Ekonomi dan Pemasaran BP Migas Djoko Harsono. Satu tersangka lagi yakni mantan Dirut TPPI Honggo Wendratno masih buron.

Kasus Korupsi Edy Tansil



Kasus korupsi Edy Tansil jadi salah satu kasus korupsi di Indonesia yang cukup menghebohkan dan terjadi di tahun 90an. Edy Tansil adalah pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa yang terbukti menggelapkan dana mencapai 1,5 triliun rupiah pada kurs rupiah saat itu.

Penggelapan uang ia lakukan yang didapat dari Bank Bapindo melalui grup perusahaan Golden Key Group. Pengadilan telah menghukum Edy Tansil 20 tahun penjara, namun ia meloloskan diri. Sempat ada isu bahwa ia melarikan diri ke China, namun sampai sekarang tidak ada kejelasan kasusnya.

Kasus Korupsi Keluarga Soeharto



Sudah bukan rahasia lagi bahwa Presiden kedua Republik Indonesia, Soeharto terlibat kasus korupsi yang merugikan uang kas negara sebanyak triliunan rupiah. Kasus korupsi ini dilakukan dengan mengalirkan dana ke 7 yayasan yang dibentuk oleh Suharto. 

Sejumlah nama pejabat termasuk dari jajaran keluarga Suharto juga banyak yang terlibat dalam kasus ini. Kasus korupsi ini juga jadi salah satu skandal korupsi yang paling menghebohkan karena melibatkan banyak nama-nama pejabat tinggi negara.

Itulah info mengenai 5 kasus korupsi di Indonesia yang paling besar dan menghebohkan masyarakat di Indonesia. Tentu sebagai warga negara yang baik, kita harus turut serta dalam upaya pemberantasan korupsi. Para koruptor yang memang terbukti bersalah pun diharapkan bisa dihukum sesuai proses peradilan yang baik dan benar tanpa adanya perlakuan khusus.

Belum ada Komentar untuk "10+ Kasus Korupsi di Indonesia Terbesar dan Paling Menghebohkan"

Posting Komentar