Profil dan Biografi Presiden Soekarno Lengkap

Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia. Ir. Soekarno lahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo. Ia lahir di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901, dan kemudian meninggal di Jakarta tanggal 21 Juni 1970 di usia yang ke 69 tahun. Soekarno merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah negara Indonesia, dan juga dunia. Ia menjadi proklamator kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945, yang kini diperingati sebagai hari kemerdekaan. Soekarno menjabat sebagai presiden Indonesia sejak tahun 1945 hingga tahun 1966. Ia bersama dengan wakil presidennya saat itu, Mohammad Hatta disebut sebagai pahlawan proklamator. Berikut akan kami tampilkan profil dan biografi lengkap tokoh dunia ini.

Nama lengkap : Kusno Sosrodihardjo
Tempat lahir : Surabaya, Hindia Belanda
Tanggal lahir : 6 Juni 1901
Tempat meninggal : Jakarta, Indonesia
Tanggal meninggal : 21 Juni 1970
Kebangsaan : Indonesia
Profesi : Tokoh politik, insinyur
Agama : Islam

Profil dan Biografi Presiden Soekarno

Biografi Soekarno

Soekarno lahir dengan nama Kusno Sosrodihardjo di Surabaya pada tanggal 6 Juni 1901, disaat Indonesia masih dijajah oleh negeri Belanda. Namun karena sewaktu kecil ia sering sakit, maka orangtuanya kemudian mengubah namanya menjadi Soekarno saat ia berusia 5 tahun. Nama ini kemudian berubah ejaan menjadi Sukarno, namun orang-orang masih mengenalnya dengan ejaan Soekarno. Pada tahun 1926, Soekarno menamatkan pendidikan kuliahnya, di jurusan Teknik Sipil di perguruan tinggi Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia kemudian mendapatkan gelar insinyur.

Karirnya di dunia politik dimulai ketika ia bergabung dengan organisasi pemuda Jong Java. Ia termasuk aktif di organisasi dan mencetuskan beberapa ide yang menentang Belanda, termasuk mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Hal ini membuat Soekarno beberapa kali ia ditangkap dan dipenjarakan oleh Belanda. Tahun 1938 hingga 1942, ia diasingkan ke Bengkulu sebelum dibebaskan saat masa penjajahan Jepang.

Sejak tahun 1942, Belanda tidak lagi menjajah Indonesia. Sebagai gantinya, Jepang lah yang menjajah Indonesia. Soekarno dan tokoh-tokoh Indonesia lain sempat diajak kerja sama oleh Jepang. Sejak tahun 1943, Soekarno mulai aktif dalam tahap persiapan kemerdekaan Indonesia, seperti perumusan rancangan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 45). Persiapan kemerdekaan Indonesia juga terjadi berkat andil beberapa komite seperti BPUPKI, Panitia Sembilan dan PPKI.

Tanggal 16 Agustus 1945, terjadi peristiwa Rengasdengklok, dimana golongan pemuda 'menculik' dan membujuk golongan tua yang diwakili oleh Soekarno dan Hatta, untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Hal ini juga dilandasi oleh kekalahaan Jepang oleh sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945. Setelah melalui perundingan, akhirnya pada 17 Agustus 1945 terjadi peristiwa proklamasi kemerdekaan yang menandakan bahwa Indonesia telah merdeka. Soekarno sendiri yang menyusun dan kemudian membacakan naskah proklamasi di depan kediamannya, di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta pada pukul 10.00 WIB. 

(baca juga biografi BJ Habibie)

Soekarno kemudian ditunjuk sebagai presiden pertama Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945, dan Mohammad Hatta sebagai wakil presiden. Selama menjabat sebagai presiden, Soekarno dikenal sebagai sosok yang tegas dan berani. Ia juga dikenal berkat pidato-pidato nya yang terkenal. Ia juga sering memberikan ide kepada dunia internasional, termasuk mengadakan Konferensi Asia-Afrika di kota Bandung.

Di era 60-an, situasi politik Indonesia menjadi tak menentu. Munculnya Gerakan 30 September PKI atau G30S PKI pada tahun 1965 membuat situasi negeri menjadi memanas. Pada tahun itu juga, dikeluarkanlah Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) yang ditandatangani oleh Soekarno, yang memerintahkan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengambil tindakan yang perlu guna mengamankan pemerintahan. 

Pada tanggal 20 Februari 1967, Soekarno menandatangani surat pernyataan kekuasaan di Istana Merdeka ke Soeharto yang mengakhiri jabatannya sebagai presiden Indonesia. Ia kemudian meninggal pada tanggal 21 Juni 1970. Namanya kemudian banyak diabadikan ke berbagai objek dan tempat, seperti nama jalan, stadion hingga bandara. Soekarno juga diresmikan sebagai pahlawan proklamator Indonesia. Sekian info biografi Soekarno kali ini, semoga bermanfaat.


(CepatLambat)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islam Terbaik dan Terpopuler

Lagu religi atau lagu rohani merupakan lagu lagu dengan tema dan nuansa agama yang mengajak dakwah dan ibadah lewat media musik. Lagu relig...

Artikel Pilihan


>