Tips Cara Masuk PTN dan Universitas Favorit

Tiap pelajar yang telah lulus SMA pasti akan dibuat bingung saat akan memasuki masa pendaftaran perguruan tinggi. Tak heran mengingat proses pendaftaran PTN yang akan memakan proses yang cukup lama. Terdapat beberapa universitas terbaik di Indonesia yang kerap menjadi sasaran bagi calon mahasiswa. Sebut saja Universitas Indonesia, ITB Bandung, ITS Surabaya, UGM Yogyakarta, UB Malang atau Unair Surabaya. Selain itu masih banyak PTN favorit lain yang tidak kalah bagus. Namun tidak semudah itu bagi para siswa untuk diterima di universitas favorit.

Beberapa siswa kadang juga dibuat galau dengan jurusan mana yang akan dipilih, atau PTN mana yang diinginkan. Belum lagi ketakutan akan gagal diterima di universitas yang diinginkan. Hal-hal semacam ini merupakan hal wajar yang hampir dirasakan oleh semua murid lulusan SMA. Untuk itu, ada beberapa kiat kiat, trik dan cara yang mungkin bisa dilakukan untuk memperbesar peluang agar diterima masuk ke perguruan tinggi favorit masing-masing.

Tips Cara Masuk PTN dan Universitas Favorit

Tips Cara Masuk Universitas Favorit


1. Tentukan Pilihan

Langkah pertama adalah menentukan tujuan berikutnya. Setelah lulus SMA/SMK/MA, maka kita akan dihadapkan pada persimpangan jalur. Kalaupun kita memutuskan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, kita masih harus menentukan pilihan. Tentukan jurusan yang akan dipilih, sesuai minat dan keinginan, namun juga memiliki prospek kerja yang bagus. Pemilihan jurusan menjadi salah satu objek penting sebelum memasuki dunia kuliah. Banyak mahasiswa yang menyesal karena mengaku salah pilih jurusan. Oleh karena itu pikirkan matang-matang jurusan yang akan ditekuni. Selain itu coba perguruan tinggi mana yang diinginkan. Beberapa faktor tentu menjadi pertimbangan, seperti kualitas, fasilitas, banyak peminat atau jarak dengan kota asal.


2. Ukur Kemampuan Diri

Jika telah menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang diinginkan, cobalah untuk mengukur diri. Bandingkan kemampaun diri masing-masing dengan kualitas pilihan kita. Jika merasa memang bisa, maka lanjutkan. Namun ada baiknya untuk mempertimbangkan faktor lain, seperti banyaknya peminat yang akan menjadi pesaing kita dalam pendaftaran, atau passing grade jurusan. Jangan terlalu overconfident dengan membidik target yang tinggi, namun juga jangan underestimate dengan diri sendiri.


3. Tetapkan Alternatif

Pilihan memang sudah ditentukan, namun jangan hanya puas dengan satu pilihan. Kita tentu harus menyiapkan back up plan jika pilihan pertama gagal. Alternatif pilihan ini sangat penting, karena cukup banyak mahasiswa aktif saat ini yang mengaku diterima di pilihan keduanya, sedangkan yang pertama gagal. Siapkan pilihan alternatif dengan jangkauan yang lebih mudah, dan pastikan masih dalam batas minat diri masing-masing.


4. Cari Informasi

Jauh-jauh hari sebelum memasuki dunia kampus, cobalah untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Di zaman modern ini, tentu tidak sulit untuk mencari informasi. Berbagai sumber info bisa diakses dengan mudah, baik dari internet, media massa, mahasiswa/alumni atau langsung datang ke perguruan tinggi. Jangan sampai rencana masuk universitas yang diinginkan gagal hanya gara-gara kekurangan informasi.


5. Perbanyak Ilmu

Perbanyaklah ilmu pengetahuan, terutama seputar jurusan yang akan dipilih. Tidak melulu harus ikut bimbingan belajar (bimbel), karena sebenarnya itu terlalu berlebihan. Cobalah untuk banyak meluangkan waktu dengan belajar dan membaca buku-buku.


6. Jaga Kondisi Tubuh

Sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh kita, baik fisik maupun mental. Memasuki masa pendaftaran kuliah, kita memang akan dipusingkan dengan berbagai proses. Untuk itu persiapkan kondisi tubuh yang fit, serta mental yang siap. Persiapkan untuk semua kemungkinan. Jika gagal dalam satu tes, cobalah tes yang lain.


7. Jalur Masuk Kuliah

Secara umum jalur masuk kuliah dibagi menjadi beberapa jalur :

1. SNMPTN, jalur ini menggunakan nilai akademik kita saat menekuni SMA/sederajat sebagai acuan, serta kreditasi dari sekolah asal kita. Jalur ini terbilang cukup sulit karena kita akan bersaing dengan siswa dari seluruh Indonesia.

2. SBMPTN, menggunakan tes serta penilaian lain sebagai acuan utama. Tiap universitas terkadang memiliki kebijakan masing-masing. Tes SBMPTN akan dibedakan menjadi empat kategori, yaitu TPA, IPA, IPS, IPC (campuran), sesuai dengan minat dan jurusan yang dipilih calon peserta.

3. Mandiri, merupakan jalur masuk melalui tes yang dilakukan masing-masing perguruan tinggi. Untuk itu, semua kebijakan dan persyaratan ditentukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.


Itulah beberapa tips dan trik cara masuk PTN favorit sesuai yang diinginkan. Tentunya dibutuhkan usaha dan effort yang tidak sedikit untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Asalkan memiliki modal berupa tekad yang kuat, serta skill akademis yang bagus, maka tidak sulit untuk bisa diterima di universitas pilihan masing-masing. Semoga tips trik di atas bisa bermanfaat.


(CepatLambat)

1 komentar:

  1. INGIN LULUS Ujian Tulis UGM 2017 BUKAN ???ATAU MENCARI SOAL PREDIKSI Utul UGM 2017 ??? Segera buka http:// http://soalutulugm.com/ Telah Terungkap Rahasia Di Balik Prediksi Kesuksesan Soal Utul UGM SANGAT PENTING diketahui bahwa Utul UGM lebih sulit daripada SBMPTN. Jika persiapan kamu baik yang sedang bimbingan belajar/bimbel hanya untuk UN dan SBMPTN, maka itu akan sangat kurang.Di sini kamu akan menemukan prinsip dasar bagaimana cara menjebol Utul UGM, yang merupakan salah satu jenis ujian tersulit untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

    BalasHapus

Featured of the Week

Daftar Juara Liga Spanyol Lengkap dari Tahun ke Tahun

La Liga atau Liga Spanyol merupakan kompetisi liga sepakbola terpopuler di Spanyol. Nama resminya adalah Primera Division dan biasa disebu...

Artikel Pilihan

>