Daftar 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Dunia memiliki banyak kekayaan alam. Mulai dari gunung, lautan hingga sungai. Sungai merupakan aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir terus-menerus dari sumber menuju muara. Sumbernya biasa disebut dengan hulu sungai. Biasanya hulu berasal dari gunung atau pegunungan. Sedangkan muaranya biasa disebut dengan hilir. Hilir biasanya menuju kepada lautan, samudera atau selat. Sungai juga terdiri dari beberapa bagian, mulai dari mata air, anak sungai hingga ujung sungai. Sungai juga bisa bercabang menjadi beberapa bagian, inilah yang disebut dengan anak sungai. 

Terdapat banyak sungai besar dan panjang di dunia yang terkenal. Sebut saja sungai Nil di negara Mesir yang terkenal karena sisi historisnya. Atau sungai Amazon di Brasil yang terkenal karena kawasan hutan hujannya. Ada juga sungai Gangga di India yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Meskipun begitu di Indonesia juga terdapat banyak sungai yang cukup panjang, bahkan ada yang lebih dari 1000 kilometer. Kebanyakan hal tersebut bisa dijumpai di pulau Kalimantan atau Sumatera. Meskipun begitu juga ada beberapa di Jawa dan pulau lain.

(baca juga 10 gunung tertinggi di Indonesia)

Inilah 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Di Indonesia sungai memiliki beberapa peran fungsi serta manfaat. Selain sebagai bagian dari siklus alam hidrologi, juga bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat. Mulai dari membantu sistem irigasi pertanian, bahan baku air minum, tempat penampungan air hujan hingga tempat untuk MCK. Bahkan juga bisa digunakan sebagai objek wisata. Sayangnya banyak sungai yang tercemar karena digunakan untuk tempat pembuangan sampah dan limbah. Beberapa di antaranya yang tercemar banyak dijumpai di daerah Jakarta dan Jawa Barat. Berikut akan kami hadirkan list 10 sungai dengan aliran paling panjang di Indonesia.


1. Sungai Kapuas (1.143 km)

Lokasi : Kalimantan Barat
Sumber Mata Air : Pegunungan Muller
Muara : Laut Cina Selatan


2. Sungai Mahakam (980 km)

Lokasi : Kalimantan Timur
Sumber Mata Air : Cemarau
Muara : Selat Makassar


3. Sungai Barito (909 km)

Lokasi : Kalimantan Tengah
Sumber Mata Air : Pegunungan Muller
Muara : Laut Jawa


4. Sungai Batanghari (800 km)

Lokasi : Sumatera Barat & Jambi
Sumber Mata Air : Gunung Rasan
Muara : Laut Cina Selatan


5. Sungai Musi (750 km)

Lokasi : Sumatera Selatan
Sumber Mata Air : Kepahiang, Bengkulu
Muara : Selat Bangka


6. Sungai Mamberamo (670 km)

Lokasi : Papua
Sumber Mata Air : Pertemuan beberapa anak sungai
Muara : Samudera Pasifik


7. Sungai Bengawan Solo (549 km)

Lokasi : Jawa Tengah & Jawa Timur
Sumber Mata Air : Gunung Lawu
Muara : Laut Jawa


8. Sungai Digul (546 km)

Lokasi : Papua
Sumber Mata Air : Pegunungan Sterren
Muara : Laut Arafuru


9. Sungai Brantas (525 km)

Lokasi : Jawa Timur
Sumber Mata Air : Gunung Arjuno Desa Sumber Brantas
Muara : Muara Kali Mas & Kali Porong


10. Sungai Indragiri (549 km)

Lokasi : Jawa Tengah & Jawa Timur
Sumber Mata Air : Gunung Lawu
Muara : Laut Jawa


Itulah informasi mengenai daftar 10 sungai terpanjang di Indonesia. Nama yang masuk dalam list tersebut memiliki aliran paling panjang hingga mencapai ratusan kilometer. Tentunya sebagai warga negara kita juga harus membantu merawat sungai agar airnya tetap jernih dan bisa bermanfaat. Caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Semoga informasi bermanfaat.


(CepatLambat)

0 komentar:

Poskan Komentar

Featured of the Week

11 Pemain Terbaik Liga Inggris 2016-2017

Sebagai kompetisi kasta teratas di Inggris, Premier League menjadi salah satu tontonan liga paling populer di dunia. Di EPL, kita disajikan...

Artikel Pilihan

>