10+ Mobil Tercepat di Dunia Saat Ini (Update Terbaru Januari)

Mobil tercepat di dunia - Mobil merupakan salah satu kendaraan paling mewah yang paling banyak dicari di zaman modern seperti sekarang ini. Di antara banyak jenis dan merk mobil yang ada di dunia ini, ada beberapa mobil yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Lantas mobil-mobil merk dan tipe apa sajakah yang tercatat paling cepat di dunia saat ini?

Mobil-mobil dengan top speed tinggi ini berasal dari berbagai macam produsen merk mobil ternama dan terpopuler yang sudah dikenal. Beberapa produsen utama mobil tercepat di dunia misalnya adalah Bugatti, Koenigsegg, McLaren atau Hennessey.

Banyaknya mobil cepat biasanya juga diiringi dengan mahalnya harga mobil tersebut. Kebanyakan mobil mobil tercepat memang masuk dalam kategori deretan mobil termahal di dunia. Harga mahal tersebut membuat tidak semua orang bisa memilikinya, meski mobilnya sudah tersedia di pasaran.

Hanya orang yang berduit lebih saja yang bisa memiliki mobil dengan kecepatan yang luar biasa kencang. Jumlah produksi mobil dengan top speed di atas rata-rata biasanya juga tidak banyak sehingga memiliki kesan limited edition.

Predikat mobil tercepat di dunia kerap berganti-ganti tiap tahun. Teknologi canggih membuat perusahaan otomotif dunia berlomba-lomba membuat mobil supercar dengan top speed maksimum yang kencang.

Sebelumnya Bugatti Veyron Super Sport dinobatkan sebagai mobil paling cepat di dunia sejak tahun 2011. Namun di akhir tahun 2017 lalu rekor ini dipecahkan oleh Koenigsegg Agera RS dengan top speed 447 km/jam.

Dengan mengkesampingkan banderol harga mobil, berikut akan kami sajikan daftar top 10 mobil tercepat di dunia saat ini. List mobil tercepat sejagad ini dikutip dari berbagai sumber dan referensi serta sudah mengalami pengujian tes kecepatan sebelumnya versi Guinness World Record atau Top Gear.

10 Mobil Tercepat di Dunia Saat Ini


1. Koenigsegg Agera RS

Mobil Tercepat di Dunia Saat Ini

Top Speed : 447 km/jam (278 mph)
Produksi : Koenigsegg
Tahun : 2015-2018

Inilah mobil tercepat di dunia saat ini. Jika di sumber lain Bugatti Veyron adalah mobil tercepat, maka update terbaru menunjukkan bahwa rekor tersebut telah dipecahkan oleh Koenigsegg Agera RS. Mobil produksi tahun 2015 sampai tahun ini mencatatkan top speed sebesar 447 km/jam, lebih cepat dari mobil mana pun di dunia.

Mobil ini diproduksi oleh Koenigsegg dalam series Koenigsegg Agera. Pemecahan rekor ini pun menjadi berita fenomenal karena rekor Bugatti Veyron sebagai mobil tercepat bertahan cukup lama sebelum dipecahkan oleh Koenigsegg Agera RS.

2. Bugatti Veyron Super Sport

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 431 km/jam (268 mph)
Produksi : Bugatti Automobiles (Volkswagen)
Tahun : 2010-2011

Bugatti Veyron merupakan tipe mobil super sport produksi Bugatti Automobiles SAS yang merupakan anak perusahaan Volkswagen. Pabriknya berlokasi di Molsheim, Perancis. Nama mobil ini diambil dari nama seorang pembalap Perancis yaitu Pierre Veyron yang memenangkan kejuaraan Le Mans tahun 1939 sebagai pembalap yang mewakili perusahaan Bugatti.

Menurut beberapa media otomotif dunia, mobil ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi mencapai 268 miles/jam atau 431 km/jam. Bugatti Veyron dibuat secara terbatas dan memang tidak ditujukan untuk komersil secara umum.

3. Hennessey Venom GT

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 428 km/jam (265.7 mph)
Produksi : Hennessey Performance Engineering
Tahun : 2011-2017

Urutan mobil tercepat di dunia berikutnya adalah Hennessey Venom GT. Mobil ini diproduksi antara tahun 2011 sampai 2017 oleh Hennessey Performance Engineering. Mobil keluaran Amerika Serikat ini telah diuji kecepatannya pada tahun 2014 dengan kecepatan maksimal mencapai 428 km/jam.

Akselerasi mesin dihasilkan dari mesin berkapasitas 7.0 liter berseri LS7 Turbocharged V8. Untuk mencapai kecepatan dari 0 menuju 60 mph hanya membutuhkan waktu sebanyak 2,5 detik saja. Mobil ini juga termasuk salah satu mobil termahal di dunia.

4. Koenigsegg Agera R

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 418 km/jam (260 mph)
Produksi : Koenigsegg
Tahun : 2011-2017

Mobil Koenigsegg Agera R juga termasuk dalam deretan mobil tercepat di dunia saat ini. Mobil ini diproduksi oleh perusahaan Koenigsegg mulai tahun 2011 lalu. Top speed Koenigsegg pun mampu menjangkau kecepatan 300 kilometer per jam hanya dalam waktu 14,53 detik saja.

5. SSC Ultimate Aero TT

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 414 km/jam (257 mph)
Produksi : SSC North America
Tahun : 2009-2013

SSC Ultimate Aero merupakan mobil super produksi SSC North America. Mobil ini diproduksi antara tahun 2009 sampai 2013. Dengan top speed mencapai 414 km/jam, SSC Ultimate Aero sempat memegang predikat mobil terkencang di dunia dalam suatu waktu sebelum rekornya dipecahkan oleh mobil lain.

6. Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 408 km/jam (254 mph)
Produksi : Bugatti Automobiles (Volkswagen)
Tahun : 2011-2015

Jenis mobil Bugatti lain yaitu Bugatti Veyron Grand Sport Vitesse juga termasuk dalam deretan mobil paling cepat di dunia. Mobil produksi Bugatti Automobiles ini memiliki top speed 408 km/jam. Sementara tipe mobil Bugatti Veyron yang digunakan di jalanan dibatasi top speed-nya menjadi 375 km/jam saja.

7. Saleen S7 Twin Turbo

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 399 km/jam (248 mph)
Produksi : Saleen
Tahun : 2005-2009

Perusahaan Saleen mungkin kurang terlalu dikenal, namun salah satu produknya yaitu Saleen S7 Twin Turbo menempati posisi 7 dalam ranking mobil tercepat di dunia. Saleen S7 Twin Turbo memiliki top speed mencapai 399 km/jam.

8. Koenigsegg CCX

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 395 km/jam (245 mph)
Produksi : Koenigsegg
Tahun : 2006-2010

Koenigsegg CCX menjadi mobil tercepat kedelapan di dunia. Top speed dari Koenigsegg CCX adalah 395 km/jam. Mobil ini diproduksi oleh Koenigsegg Automotive AB dan paling banyak dipasarkan di Amerika Serikat.

9. McLaren F1

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 386 km/jam (240 mph)
Produksi : McLaren Automotive
Tahun : 1992-1998

McLaren F1 merupakan sport car produksi McLaren Automotive. Mobil ini diproduksi sejak lama yaitu di era 90an dan sempat menjadi mobil tercepat di dunia versi Guinness World Record sebelum dipecahkan mobil-mobil lain yang baru diproduksi. Top speed McLaren F1 adalah 386 km/jam.

10. Zenvo ST1

Mobil Tercepat di Dunia

Top Speed : 375 km/jam (233 mph)
Produksi : Zenvo
Tahun : 2009-2016

Zenvo ST1 adalah supercap produksi perusahaan mobil Zenvo. Top speed dari Zenvo ST1 adalah 375 km/jam, menjadikan mobil ini sebagai salah satu mobil balap tercepat di dunia saat ini. Tipe baru yaitu mobil Zenvo TS1 yang diproduksi tahun 2017 juga memiliki top speed yang kurang lebih sama.

Nah itulah info otomotif mengenai daftar 10 mobil tercepat di dunia saat ini dengan kecepatan maksimum yang luar biasa. Tentunya mobil-mobil tersebut memiliki harga yang tidak murah alias mahal. Jika ingin membeli salah satu dari mobil di atas, maka anda harus memulai menabung dari sekarang. Semoga info tersebut bisa menjadi referensi bagi penggemar otomotif.

1 Komentar untuk "10+ Mobil Tercepat di Dunia Saat Ini (Update Terbaru Januari)"

  1. wowwww amazing keren-keren banget jadi pengen punya.mimpiiiii

    BalasHapus