Tips dan Trik Membeli HP Bekas/Second

Handphone merupakan gadget yang kini hampir dimiliki oleh semua orang. Handphone atau hp memang sangat penting. Karena fungsinya yang penting, banyak orang yang berhati-hati dalam memilih produk hp yang akan dibeli. Terkadang orang-orang hanya membeli hp tipe terbaru tanpa memperhatikan fitur dan spesifikasi. Namun ada juga yang sangat selektif dalam membeli hp. Apalagi jika akan membeli hp bekas atau second, orang akan lebih berhati-hati.

Membeli hp second berarti kita akan menggunakan produk hp yang telah dipakai orang lain. Tentunya banyak yang khawatir jika kondisi hp tersebut sudah tidak optimal lagi atau ada beberapa fitur yang rusak. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa tips trik yang bisa digunakan untuk membeli hp bekas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli handphone second seperti berikut ini.

(baca juga daftar hp android bagus murah)


Tips dan Trik untuk Membeli HP Bekas atau Second

Trik Membeli HP Bekas


1. Perhatikan Kondisi Fisik HP

Pertama dan yang paling penting adalah perhatikan kondisi fisik hp. Kondisi luar ponsel sangat penting untuk menampilkan kesan pertama. Jangan hanya terkecoh dengan kondisi cassing saja. Periksa kondisi segel untuk mengecek apakah handphone tersebut pernah dibongkar atau tidak. Selain itu periksa juga tombol keypad handphone, apakah masih berfungsi atau ada yang macet. Pastikan juga media lain berfungsi dengan baik seperti kamera, ringtone atau bluetooth. Hal ini sangat penting untuk menghindari pembelian hp yang tidak optimal.


2. Kondisi Baterai

Baterai merupakan sumber daya utama handphone. Saat akan membeli hp bekas, periksa juga kondisi baterai. Hal ini penting untuk memeriksa apakah baterai masih normal atau mudah drop. Cobalah untuk menanyakan kepada penjual mengenai kondisi baterai ini untuk mendapat informasi yang lengkap.

3. Charger

Charger juga sangat penting sebagai komponen dalam pembelian hp. Terkadang orang akan menjual hp dengan charger non original. Padahal proses mengeces hp dengan charger original lebih cepat dari charger non original. Untuk itu coba untuk pastikan charger yang didapat saat akan membeli hp.

4 . Masa Garansi

Garansi berlaku jika ada kerusakan atau cacat pada produk yang kita beli. Hal ini juga berlaku pada hp bekas. Ponsel bekas yang masih memiliki garansi biasanya lebih awet karena kemungkinan baru dibeli kurang dari setahun. Sedangkan hp bekas yang sudah tidak memiliki masa garansi biasanya agak meragukan, karena ada indikasi jika hp tersebut pernah mengalami perbaikan atau rusak.

5. Cobalah untuk Menawar Harga 

Harga menjadi salah satu faktor utama dalam membeli produk gadget, termasuk juga handphone second. Upayakan untuk membeli hp bekas dengan harga yang cocok sesuai dengan kualitas hp tersebut. Jangan tertipu dengan merk atau fitur dari hp tersebut. Usahakan untuk menawar harga sebelum menyetujuinya sesuai dengan harga yang pas.


Itulah informasi sekilas mengenai tips trik membeli hp bekas dan second. Satu hal yang penting kita harus waspada dalam membeli produk second dengan memperhatikan hal-hal di atas agar terhindar dari kekecewaan. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi.



(CepatLambat)

3 komentar:

  1. Thanks mas triks dan infonya

    BalasHapus
  2. Saya senang bisa membaca berita di website ini, saya akan sering berkunjung dan saya harap anda bisa mengunjungi website saya juga, terima kasih

    BalasHapus
  3. wah terima kasih mas atas info yang sangat bermanfaat ini
    pasti banyak orang yang terbantu ini

    BalasHapus

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islam Terbaik dan Terpopuler

Lagu religi atau lagu rohani merupakan lagu lagu dengan tema dan nuansa agama yang mengajak dakwah dan ibadah lewat media musik. Lagu relig...

Artikel Pilihan


>