Cara Berbagi File Antara Dua Komputer

Di era modern ini, semakin banyak sebuah rumah tangga yang sekarang memiliki lebih dari satu komputer. Hal ini terjadi seiring kebutuhan akan teknologi yang tinggi dan meningkat. Kebutuhan akan komputer atau laptop pun menjadi salah satu prioritas utama. Beberapa PC juga dibedakan sesuai kebutuhan, seperti kebutuhan kantor, pekerjaan atau pribadi. Hal ini membuat banyak orang yang memiliki lebih dari satu PC dalam satu rumah, bisa dua, tiga atau bahkan lebih. Selain itu juga terdapat kasus lain dimana terdapat banyak PC komputer yang beroperasi dalam satu tempat, seperti di beberapa perusahaan, lab sekolah atau warnet.

Terkadang kita butuh untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Selain itu proses berbagi file dan dokumen juga biasa dibutuhkan dengan cepat untuk membuat pekerjaan lebih efektif. Terdapat beberapa cara dan trik yang efektif untuk bisa berbagi file dengan menggunakan jaringan network. Proses akan menjadi lebih mudah dengan Windows 7, yang dilengkapi dengan fitur Homegroup.


(baca juga sejarah internet)

Cara Berbagi File Antara Dua Komputer
Membentuk Homegroup

Untuk mulai berbagi file antara komputer, pertama-tama adalah membuat sebuah homegroup, yang sebenarnya merupakan kumpulan komputer yang memungkinkan kita untuk berbagi file. 

Langkah membuat homegroup :

- Buka Control Panel
- Pastikan opsi ditampilkan sesuai dengan kategori di kanan atas layar.
- Cari kategori "Network and Internet". 
- Klik link "Choose homegroup and sharing options”.

Langkah-langkah tersebut merupakan langkah untuk membuat homegroup. Hal ini berguna untuk berbagi file dengan komputer dengan mengakses homegroup yang ada untuk digunakan pada mesin lain.

- Jika "There is currently no homegroup on the network": Klik link di bagian bawah layar yang menyebutkan"Create a Homegroup".
- Jika "This computer belongs to a homegroup": Klik link untuk "View or print the homegroup password”.

Dalam proses ini juga dibutuhkan untuk mengisi password alfanumerik. Password ini juga berguna untuk mengatur homegroup di komputer lain di tempat yang sama.


Mengakses Komputer Windows 7 Lain di Homegroup

Setelah itu langkah berikutnya adalah mengakses homegroup yang sudah dibuat dari komputer lain. Untuk melakukan ini di Windows 7, akses Control Panel seperti sebelumnya. Temukan link untuk "Choose homegroup and sharing options" di bawah kategori "Network and Internet".

Jika langkah pertama telah dilakukan dengan benar, maka kali ini akan terdapat indikasi bahwa terdapat sebuah homegroup yang terdeteksi pada network komputer. Klik tombol "Join Now". Setelah memasukkan password dengan benar, maka sambungan akan segera dibuat. Setelah itu maka kedua komputer sudah terhubung dan proses berbagi dokumen bisa dilakukan.


Membuat Shortcut File Bersama

Terkadang meski sudah terhubung dengan komputer lain, proses berbagi dokumen masih membutuhkan proses dan waktu. Alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membuat shortcut pada desktop.

- Klik menu start, lalu tombol "Computer" di bagian sebelah kanan menu.
- Klik dobel hard disk drive (biasanya "C").
- Klik dobel folder "Pengguna" pada layar berikutnya.
- Klik kanan folder "Public" dan klik "Create shortcut".
- Ubah nama shortcut folder menjadi apa pun yang Anda suka, lalu drag ke desktop.


Itulah tadi informasi sekilas mengenai cara berbagi file antara dua komputer atau lebih. Dengan cara tersebut, sekarang kita bisa mentransfer file antara komputer, berbagi dokumen, dan hal lain yang ingin dimasukkan pada Homegroup. Semoga info terknologi terbaru tersebut bisa menambah wawasan.



(CepatLambat)

Belum ada Komentar untuk "Cara Berbagi File Antara Dua Komputer"

Posting Komentar