Tips Trik Berkemah/Camping yang Harus Diperhatikan

Kemah merupakan kegiatan yang dilakukan di alam bebas dengan tujuan untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari. Kegiatan berkemah atau camping bisa dilakukan dimana saja, bisa di pantai, gunung dan di tengah rimba raya. Berkemah bisa dilakukan dengan siapa saja, baik dengan keluarga, teman maupun anggota pramuka. Berkemah sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak biaya, hanya untuk sekedar melindungi diri dari cuaca dan yang utama untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Berkemah memang asyik dan seru. Namun dibalik asyiknya tinggal di alam bebas sebaiknya dibarengi dengan kewaspadaan. Karena, di sana juga menjadi tempat tinggal hewan dan tumubuhan yang mungkin bisa mengancam keselamatan atau kenyamanan selama berkemah. Selain itu apa yang terjadi di alam bebas biasanya tidak bisa diprediksi, sehingga kita harus mengantisipasi beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi. Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, ada tips untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat sedang camping. Berikut akan kami tampilkan infonya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Berkemah


1. Segera dirikan tenda saat sebelum matahari terbenam untuk menghindari kecelakaan yang dikarenakan suasana yang semakin gelap.

2. Antisipasi kedatangan hujan dengan memeriksa kondisi tanah. Coba untuk memastikan strukturnya aman jika hujan tiba-tiba datang.

3. Lakukan inspeksi di sekitar kemah. Singkirkan segala sesuatu yang berpotensi melukai seperti benda tajam, duri, ranting dan lain-lain.

4. Kalau ingin membuat perapian, jauhkan semua benda yang berpotensi terbakar. Apalagi, saat kondisi musim kemarau, ranting dan dedaunan kering sangat mudah terbakar. Pakailah batu untuk membatasi api dari perapian agar tidak tertiup angin.

5. Penerangan yang cukup, dapat menghindarkan dari serangan hewan liar. Hewan tersebut menjauhi tempat terang. Bersihkan pula sekeliling kemah Anda untuk menghindari serangan beruang. Untuk menjauhkan gigitanserangga, pakailah pakaian warna cerah tanpa parfum.

6. Di hutan, ada tanaman yang bisa dikonsumsi dan beracun. Penuhilah pengetahuan Anda tentang sifat tanaman ini sebelum berkemah bisa waspada terhadap banyaknya jenis tanaman di hutan.

7. Barangkali di hutan akan ditemui sungai dengan air yang jernih. Sekali pun jernih, sebaiknya tetap diminum setelah dimasak terlebih dahulu. Karena, Anda tidak akan pernah tahu zat yang terkandung dalam air itu. Bisa jadi, air terkontaminasi kuman penyebab suatu penyakit. 


Itulah tadi informasi sekilas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan saat kita sedang berkemah di alam terbuka. Dalam berkemah, kita memang harus mempersiapkan keadaan sebelum terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Sekian info tips terbaru. Semoga saja info tersebut bisa bermanfaat dan menambah wawasan.



(CepatLambat)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islam Terbaik dan Terpopuler

Lagu religi atau lagu rohani merupakan lagu lagu dengan tema dan nuansa agama yang mengajak dakwah dan ibadah lewat media musik. Lagu relig...

Artikel Pilihan


>