Cara Mencegah Virus dari Komputer dan Laptop

Virus memang menjadi momok bagi para user komputer saat ini. Virus komputer adalah bahasa pemograman yang berusaha memberi atau merubah perintah normal pada sistem komputer kita agar tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, sehingga hal-hal yang aneh pun sering terjadi. Hal-hal aneh ini bervariasi, misalnya komputer kita menjadi sering macet, aplikasi yang sering error, atau bahkan ada yang sanggup membuat windows komputer langsung mati dalam sekejap. Virus memang merupakan masalah yang banyak menggangu para pengguna komputer di era sekarang, baik pengguna biasa maupun yang sudah ahli dan expert sekalipun.

Di era yang semakin canggih ini, kemampuan virus itu sendiri juga bertambah. Sebagian virus bahkan ada yang bisa menyembunyikan diri dari antivirus. Ada juga yang dapat menjalankan program dirinya sendiri tanpa harus kita klik misalkan menggunakan faslitas autorun atau autoplay pada komputer. Untuk itu, kita harus melakukan proteksi dari bahaya virus dengan beberapa tips yang bisa dilakukan.

(baca juga daftar laptop bagus harga murah)

Cara untuk Mencegah Virus dari Komputer dan Laptop

Cara Mencegah Virus dari Komputer/Laptop


1. Terus Update Antivirus pada Komputer

Memasang dan selalu meng-update program antivirus pada komputer atau laptop. Update juga harus terus dilakukan untuk mengatasi virus terbaru. Terkadang terdapat antivirus yang tidak diupdate, sehingga virus yang tercipta di atas tahun update tersebut masih dapat bebas berkeliaran dan menyerang komputer dan laptop kita.


2. Lakukan Scan pada Flashdisk 

Sebisa mungkin, lakukan scan pada flashdisk yang tertancap ke PC atau laptop kita. Langkah ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus melalui media flashdisk. Banyak flashdisk yang menjadi sarang virus yang bisa menyebabkan penularan saat menancap ke port USB komputer kita. 


3. Scan CD yang Masuk ke CD Drive

Cara berikutnya yaitu scan CD yang masuk ke dalam CD drive. Hal ini memang tidak sesimple saat melakukan scan pada flashdisk. Namun hal ini penting dilakukan meningat persebaran virus yang mungkin menyebar lewat CD. Pastikan file atau data yang akan diburn bebas dari virus dan worm.


4. Jangan Sembarangan Download Attachment

Jangan sembarangan mendownload attachment. Pastikan file yang didownload sudah ter-scan oleh penyedia download atau ada stempel bebas virus. Jangan pernah sekali-kali mendownload file yang mencurigakan dan tidak dikenal. Hal ini bisa menjadi berbahaya karena kemungkinan virus, worm, spyware, trojan atau hacker yang menyerang proteksi komputer kita.


5. Lakukan Scan pada Harddisk 

Lakukan scan terhadap harddisk secara intensif.. Scan harddisk ini selain untuk men-scan virus, juga bisa digunakan untuk membuat komputer lebih bekerja dengan cepat dan optimal. Sebaiknya lakukan scan harddisk saat akan mulai dan sesudah selesai bekerja dengan komputer atau laptop.


Itulah beberapa info tips cara mencegah virus dari Komputer dan Laptop. Pencegahan virus selalu penting dilakukan secara rutin. Proteksi komputer atau laptop berguna karena serangan virus nantinya akan berbahaya bagi keselamatan komputer dan laptop. Sekian info update terbaru.



(CepatLambat)

0 komentar:

Posting Komentar

Featured of the Week

Kumpulan Lagu Religi Islam Terbaik dan Terpopuler

Lagu religi atau lagu rohani merupakan lagu lagu dengan tema dan nuansa agama yang mengajak dakwah dan ibadah lewat media musik. Lagu relig...

Artikel Pilihan


>